Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Monday 14 January 2013

Manfaat Makan Cabai

Kindly Bookmark and Share it:


Halo sahabat, kali ini kami akan berbagi info manfaat makan cabai. Lets check it out....


Cabe merupakan salah satu bumbu dasar untuk penyedap rasa masakan. Umumnya berwarna merah menyala atau hijau tua. Jika cabe dibelah, maka kita akan menemukan tangkai putih di dalamnya yang mengandung zat capsaicin yang berwujud seperti minyak dan menyengat sel-sel pengecap lidah. Zat inilah yang mengakibatkan cabe menjadi pedas dan panas di lidah ketika kita mengkonsumsinya. Tapi zat ini juga yang membuat orang ketagihan dan kecanduan saat menyantap makanan.



Namun, dibalik sensasi rasa pedasnya terdapat banyak manfaat dan kandungan gizi yang belum kita ketahui sebelumnya. Selain berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan juga memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh. 

Contohnya, pada cabe rawit yang rasa pedasnya luar biasa, ternyata mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A) yang konon dapat mengalahkan kandungan pada buah-buahan seperti mangga, nanas, pepaya, dan semangka. Bahkan menurut penelitian, kadar mineralnya, terutama kalsium dan fosfor mengungguli ikan segar. Sebetulnya di antara jenis-jenis cabai lainnya, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang paling tinggi.

Sementara kadar betakarotennya pun lebih unggul dibandingkan dengan paprika hijau, sembilan kali lebih besar. Sebagian besar kandungan betakaroten paprika terkonsentrasi pada bagian di dekat kulit. 

Adapun manfaat cabe yang lain yaitu : 

1. Penyembuh Luka 
Jika jari sahabat secara tidak sengaja teriris pada saat memasak, pada umumnya sahabat akan mencari obat merah untuk menyembuhkannya. Namun, walaupun sahabat telah memberi obat merah pada luka, rasa sakit dan nyeri tetap saja terasa menyiksa.

Alternatif obat merah yang tidak hanya mencegah infeksi tetapi juga segera meredakan rasa nyeri dan pendarahan sehingga mempercepat proses penyembuhan adalah cabe merah. Caranya, adalah cabe merah dikeringkan kemudian ditumbuk sampai halus. 

Setelah itu ditaburkan pada luka. Bubuk cabai tersebut tidak akan membuat perih luka sahabat. Justru sebaliknya, cabe akan menghentikan dengan cepat nyeri dan pendarahan yang ada. Ini disebabkan karena adanya zat capsaicin pada cabe merah yang menghilangkan rasa sakit. 

2. Pereda Demam Tinggi 
Dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternatif yang mudah, murah, dan cepat. Tapi yang dugunakan bukan buah cabenya tapi daunnya.

Caranya, pertama ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan. 

Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak lama kemudian badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat. 

3. Meredakan pilek dan hidung tersumbat 
Karena cabe mengandung zat capsaicin yang dapat mengencerkan lendir, sehingga lendir yang menyumbat  rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Akibatnya hidung menjadi tidak tersumbat lagi. Ini berlaku pada sinusitis dan batuk berdahak.

4. Mencegah Stroke 
Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner. Karena, dengan mengkonsumsi capsaicin secara rutin, darah akan tetap encer dan kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dengan lancar. Jadi, cabe juga berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).

5. Meringankan sakit kepala dan nyeri sendi 
Sahabat pernah dengar kan, nasihat kalau pusing, makan yang pedas-pedas? Nasihat itu ada benarnya karena rasa pedas yang ditimbulkan capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyak rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang kita derita.

Selain itu cabe berkhasiat juga untuk meredakan migrain. Subhanallah...

6. Meningkatkan nafsu makan 
Karena capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan kebahagiaan. Sehingga, nafsu makan menjadi bertambah.

7. Menurunkan kadar kolesterol dan sebagai antibiotik alami



Hal yang perlu sahabat ingat dalam makan cabai adalah mengatur porsinya. Jangan makan cabai dalam keadaan perut kosong dan makan lah secukupnya...
Semoga bermanfaat. 
Silakan berikan komentar di kotak komentar jika ingin menambahkan maupun berpendapat

Ditulis Oleh : Unknown // Monday, January 14, 2013
Kategori:

5 komentar:

  1. wah, kl saya mules aja tuh... haghagahag...

    ReplyDelete
  2. ternyata cabai memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatan
    baru tahu saya

    ReplyDelete
  3. Cabai juga banyak manfaat nya ya , saya kira cuma ngasih pedah aza

    ReplyDelete
  4. widih kalau tahu gini jadi semangat nieh buat makan yang pedah-pedas!!!

    thanks sobat sudah berbagi info!!!

    ReplyDelete
  5. Kandungan betakaroten pada cabe banyak trdapat di bagian apanya gan,,apakah kulit,daging atau bijinya ?

    ReplyDelete

 

Followers

Powered by Blogger.