Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saturday, 25 May 2013

Asal Usul Kata "Pilot"

Kindly Bookmark and Share it:

Jean Francois Pilatre de Rozier

Pilot atau penerbang rupanya diambil dari nama Jean Francois Pilatre de Rozier yang lahir di Metz, Perancis, 30 Maret 1754. Pelopor pertama di dunia penerbangan itu meninggal di usia yang sangat muda yaitu 31 tahun.



Awalnya Pilatre merupakan seorang guru kimia dan fisika Perancis. Ia juga mempelajari ilmu botani di perusahaan milik duc de la Rochefoucauld. Pada Juni 1783 ia hadir dalam penerbangan balon milik Montgolfier bersaudara.

Pada 21 November 1783, ia ikut dalam penerbangan pertama kalinya dalam sejarah yang membawa manusia, ditemani oleh Marquis d'Arlandes. Selama penerbangan 25 menit menggunakan balon udara panas, mereka mengadakan perjalanan sejauh 12 kilometer dari Chateau de la Muette hingga Butte-aux-Cailles (yang kemudian menjadi daerah pinggiran Paris), dan mencapai ketinggian 3000 kaki.

De Rozier meninggal ketika mencoba menyebrangi Selat Inggris ketika balonnya, yang merupakan kombinasi hidrogen dan balon udara panas, meledak pada 15 Juni 1785. Dengan kejadian ini, ia dan rekan sepenerbangannya, Pierre Romain, menjadi yang pertama tercatat dalam sejarah sebagai korban kecelakaan penerbangan. Istilah "pilot" kemudian diambil dari namanya, Pilatre.

sumber: Tribun Jogja, Wikipedia 

1 komentar:

  1. wewwww,,,, ane baru tau asal mula pilot nya


    Kunjungan Rutin Sobat, Jangan Lupa Kunjungan Baliknya....

    :D

    Salam Dari Sirau News | Blogger Pemula Berbagi

    ReplyDelete

 

Followers

Powered by Blogger.