Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Thursday, 27 June 2013

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Kindly Bookmark and Share it:

Madu


Manfaat madu bagi kesehatan tubuh sudah diketahui sejak zaman dahulu kala. Terbukti dari sebuah penemuan di Valensia, Spanyol 10.000 tahun yang lalu. Terdapat gambar kuno yang memperlihatkan 2 orang laki-laki yang sedang naik tangga untuk mengambil sarang lebah yang berisi madu.

Di jaman Mesir kuno telah tercatat bahwa madu dimanfaatkan untuk obat dan bahan kecantikan. Aristoteles juga pernah menulis di bukunya bahwa madu merupakan obat mujarab dan bahan untuk kecantikan pada tahun 350 SM. Bahkan, Islam sudah menuliskan berbagai manfaat madu bagi manusia dalam kitab Al-Qur’an, madu dianjurkan untuk bahan dasar obat tetes mata dan penyakit lainnya.
Pada awalnya, madu hanya digunakan sebagai pemanis alami makanan saja, namun seiring penemuan-penemuan manfaat madu lainnya, madu telah digunakan untuk kesehatan juga. Dari penelitian telah disebutkan bahwa madu memiliki kandungan alami seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B, C, dan masih banyak lagi kandungan madu lainnya. Karena banyak sekali kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh sayang sekali jika kita hanya menggunakannya sebagai pemanis makanan saja.

Berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan

1. Madu Sebagai Antioksidan Alami
Kandungan flavonoid dalam madu, sangat bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk membantu mengurangi resiko berbagai jenis penyakit, seperti kanker dan jantung. Infeksi dan luka kecil juga cepat sembuh jika kita mengkonsumsi madu rutin. Untuk yang terkena infeksi di kulit dan bintik-bintik merah juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi madu.
Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. Sementara itu untuk membuktikan peran madu sebagai antioksidan peneliti di Universitas California membuktikan konsumsi madu mampu meningkatkan antioksidan dalam darah. Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.
2. Madu Sebagai Antibiotik
Madu bekerja sebagai antibiotik alami dan sanggup bekerja mengalahkan bakteri-bakteri mematikan. Karena sifatnya yang asam, madu tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Dengan menghasilkan hidrogen peroksida, madu merupakan antiseptik alami yang luar biasa. Kekentalan madu yang sedikit mengandung air ini, menghasilkan proses osmosis dengan menyerap air dari bakteri  yang menyerang tubuh, seperti halnya spon yang mudah menyerap air. Kemudian madu mengeringkan bakteri yang sudah diserap airnya. Akhirnya bakteri sulit tumbuh dan mati.
3. Madu Sebagai Pembunuh Kuman
Madu memiliki kandungan yang sangat lengkap, salah satunya asam amino bebas yang mampu membantu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit. Dengan antibiotik madu  mampu mengalahkan bakteri patogen penyebab penyakit infeksi.
4. Madu Sebagai Obat Luar
Karena antiseptik yang dikandung madu, kita bisa menggunakan madu sebagai obat luar. Bahkan di Australia telah dikembangkan sebuah saleb yang terbuat dari madu. Saleb ini untuk mengobati luka luar. Bagi perempuan terutama remaja yang risih dengan jerawat yang nongol di wajah, Anda bisa menggunakan madu untuk menghilangkan jerawat. Cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas.
5. Madu Untuk Mempercantik Kulit
Antibakteri yang terkandung dalam madu dapat digunakan sebagai perawatan untuk mempercantik kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah dan leher dengan mencampurkan bahan-bahan alami lainnya untuk membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu, madu juga dapat membantu agar kulit lebih kencang dan terlihat muda karena kandungan madu yang dapat menangkal radikal bebas.
6. Madu untuk Sumber Energi
Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan ini karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.
Demikian beberapa manfaat madu bagi kesehatan manusia. Masih banyak mafaat madu lainnya yang belum diulas atau bahkan mungki belum ditemukan ilmu pengetahuan kita. Mengkonsumsi rutin madu sangat dianjurkan agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

referensi:
http://manfaatmadu.com/
http://pakuparis.wordpress.com/2013/05/15/manfaat-madu-bagi-kesehatan-tubuh/comment-page-1

2 komentar:

  1. Ahai, thanks sob sudah di copas+kasih sumbernya

    Yuk gabung di group FB 'Salam Pejwan' biar kualitas ngeblognya+SEOnya lebih baik. ditunggu

    manfaat madu

    ReplyDelete
  2. Semua mengakui madu memang memiliki khasiat yang banyak sekali,. thank's infonya gan

    ReplyDelete

 

Followers

Powered by Blogger.